“…Beginilah peradaban seluruh manusia….”

kenapa umat islam tertinggal

 

Kenapa Umat Islam Tertinggal, halaman 144:

“…Buku-buku yang diterjemahkan peradaban Islam, ilmu-ilmu yang diambilnya dari peradaban lain, dan hal-hal bagus lain yang dimanfaatnya dalam setiap penaklukan, serta cara-cara tepat yang dipetiknya dari peradaban lain, itu semua sama sekali tidak mencoreng kepeloporan Islam (tidak menafikan kedudukan peradaban Islam sebagai pelopor) dan bangsa Arab. Sebab, memang beginilah peradaban seluruh manusia; saling mengadopsi (mengambil manfaat) satu sama lain, dan saling menyempurnakan. Jadi, toleransi yang sejati terkandung dalam hadits:

Hikmah (ilmu) adalah barang hilang orang Mukmin; ia senantiasa mencarinya meskipun di negeri Cina.”

18169120

The Great Bait al-Hikmah, halaman 6:

“…Berapa banyak di antara kita saat ini yang mau mengakui utang (hutang) besar kita kepada bangsa Arab, apalagi berusaha membayarnya? Berapa banyak dari kita yang tahu bahawa kosakata teknis modern kita merupakan warisan berharga dari mereka: mulai dari azimut hingga zenit, dari algebra hingga zero? Demikian pula pengaruh Arab yang lebih sederhana dalam makanan kita – aprikot, orange, dan artichoke, untuk menyebut sebahagian kecil saja – hingga istilah-istilah kelautan umum, semacam admiral, sloop, dan monsoon? Bahkan tradisi tarian rakyat Morris di Inggris sejatinya berasal dari tarian bangsa Moor (istilah yang digunakan di Eropa abad pertengahan untuk menyebut orang keturunan Arab atau Afrika – peny.) yang dalam sejarahnya dimainkan saat para pujangga Arab menghibur bangsawan Spanyol Muslim.”

Najibah Abu Bakar

Pemilik BukuRia, berlatar belakang bidang perpustakaan dan sains maklumat serta mempunyai sedikit pengalaman menulis di beberapa akhbar dan majalah tempatan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com